Senin, 04 Oktober 2010

Tabrakan Kereta Api di Pemalang Jadi Berita Dunia



TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Kecelakaan kereta api Argo Bromo Anggrek yang menabrak kereta api Senja Utama di Petarukan Pemalang, Jawa Tengah, Sabtu (2/10/2010) dinihari menjadi berita dunia.

Tabrakan yang menewaskan 36 orang dan 38 luka-luka itu segera dikutip oleh berbagai media online di dunia bahkan menjadi headline (HL) misalnya di xinhua (Cina), bbc (Inggris), thestar (Malaysia), newyork times (Amerika), guardian (Inggris) dan sebagainya.

Menteri perhubungan Freddy Numberi menduga kecelakaan kereta api itu disebabkan oleh human error atau keteledoran manusia.

Kecelakaan kereta api kelas eksekutif Argo Bromo jurusan Jakarta-Surabaya dengan KA Senja Utama kelas bisnis jurusan Jakarta-Semarang terjadi di lintasan Desa Jatimulyo, Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang, Sabtu (2/10/2010) sekitar pukul 03.00 WIB.

Sebenarnya KA Senja Utama sengaja berhenti untuk memberikan kesempatan bagi KA Argo Bromo Anggrek untuk melaju lebih dahulu. Namun, KA Argo Bromo Anggrek justru menabrak KA Senja Utama hingga gerbong belakang keluar jalur

Kereta api Senja Utama jurusan Jakarta-Semarang itu dengan 9 gerbong membawa penumpang total 663 orang. Empat gerbong kereta api naas yang ditabrak KA Argo Bromo Anggrek itu telah ditarik dari lokasi tabrakan ke Stasiun Petarukan yang berjarak sekitar 100 meter, sedangkan gerbong lainnya masih di lokasi. Gerbong kesembilan kereta itu hancur, sedangkan gerbong kedelapan keluar dari lintasan.

Kereta Api Senja Utama yang berada di lintasan tiga pada sekitar pukul 03.00 ditabrak dari belakang oleh Kereta Api Argo Bromo Anggrek. Tabrakan itu terjadi hanya sekitar 100 meter dari Stasiun Petarukan, Pemalang.

Senja Utama sedang dalam perjalanan dari Jakarta menuju Semarang, sedangkan Argo Bromo Anggrek dari Jakarta ke Surabaya. Kereta Api Argo Anggrek membawa 336 penumpang, sedangkan Senja Utama dinaiki oleh 663 orang.

Hingga kini para korban luka maupun yang meninggal sebagian masih di RS Santa Maria dan RS Ashari Pemalang. Pihak kepolisian setempat telah mengamankan dua masinis KA Argo Bromo Anggrek untuk diminta keterangan (berbagai sumber)

Penulis : widodo
Editor : widodo

1 komentar:

  1. Astaughfirullah....
    Kecelakaan terus reekk...
    Kalo gini caranya, bahayyyaaa nich..... :(
    Semoga nyawa mereka bisa diterima di sisinya, amien... :( :(
    Untuk keluarga yang ditinggalkan semoga tabah dalam menghadapi cobaan ini, amien... :( :(

    BalasHapus