Selasa, 01 Maret 2011

Low Self Esteem = Minder

Hy sobat... Ada yang pernah merasa rendah diri ??? Bukan rendah hati lho ya... Aku yakin, so pasti kalian pernah merasakannya. Perasaan minder ini sangat buruk bagi diri sendiri maupun orang lain. Minder kan ngggak enak... Jadi, buat apa minder ? Ada yang tahu gak nich, apa itu perasaan minder atau rendah diri ? Oke, kita bahas di halaman ini ya..

Minder, semua orang tahu maknanya, ini adalah sikap yang manusiawi. Semua orang memiliki sikap dan perasaan minder dengan level yangg berbeda. Minder adalah manusiawi, akan tetapi menjadi tidak manusiawi lagi ketika kita tidak berusaha untuk menghilangkan sikap dan perasaan minder ini tahap demi tahap.
Sikap dan rasa minder timbul pada hal dan bidang tertentu yang kita merasa tidak mampu atau merasa lemah dari ukuran standar umum atau ideal. Contohnya saja, seorang pemuda yang pendek akan merasa minder untuk mengajukan “proposal” pada gadis idamannya yang ternyata lebih tinggi. Lelaki yang berwajah jelek merasa minder pada wanita yang berwajah sangat cantik yang ditaksirnya, dan sebagainya.
Hal-hal tadi merupakan minder yang bersifat fisik. Sedangkan yang bersifat non-fisik lebih berkaitan dengan sikap mental dan pola pikir kita dalam menilai diri sendiri dan menilai kemampuan diri. Pada sosok pribadi yang memiliki sifat minder non-fisik yang ekstrim, biasanya dia akan merasa tidak memiliki kemampuan sama sekali dan merasa orang lain jauh lebih mampu dari dirinya, dll. Sehingga tipe semacam ini tidak akan bisa bersikap independen, sehingga memiliki ketergantungan yang besar pada orang lain di sekitarnya. Ketergantungan pada orang lain itu akan semakin mengecil bersamaan dengan semakin kecilnya keminderan kita pada kemampuan diri sendiri.

Minder adalah tipikal orang yang BERMENTAL LEMAH. Mental yang lemah akan merasa selalu tidak aman, selalu gelisah dan kuatir. Karena kerja otak sudah dipenuhi dengan rasa kuatir, takut dan gelisah tanpa sebab atau disebabkan oleh hal-hal kecil, maka kerja otakpun menjadi lemah dan tidak dapat berfungsi untuk memikirkan hal-hal besar yang bermanfaat buat diri sendiri dan orang lain.
Oleh karena itu, minder harus sebisa mungkin dihindari dan dicari jalan keluarnya untuk mengubah pribadi kita menuju self-esteem (baca: self estiim). Suatu tipe kepribadian yang dimiliki orang-orang besar, tokoh-tokoh besar dunia, para pemikir internasional.

Dapatkah seorang berkepribadian minder (low self-esteem) yang parah dapat menjadi profil yang penuh self esteem? Tentu bisa !! Dengan bekal kemauan kuat untuk berubah, banyak bergaul dengan berbagai kalangan, banyak membaca profil tokoh-tokoh besar, dan membaca berbagai buku-buku yang memberi solusi mengatasi keminderan, dll. Berikut adalah tips-tips menuju pribadi yang self esteem :

1. Hadapi rasa takut, jangan dihindari, toh ia tidak akan berakibat seburuk yang kamu kira. Melawan rasa takut akan menambah percaya diri anda.
2. Lupakan kegagalan masa lalu. Belajarlah dari kesalahan itu tetapi janganlah mengira sesuatu itu salah sebelum ia akan terjadi lagi. Jadi fikirkan hal terbaik. Hindari membuat kesalahan yang sama, tetapi jangan membatasi diri kamu dengan mengira bahwa kamu gagal sebelumnya, sehingga tidak akan bisa berhasil kali ini. Coba lagi, maka kamu akan menjadi lebih bijak dan lebih kuat. Jangan terperangkap pada masa lalu.
3. Ketahui apa yang kamu mau dan usahakan untuk mendapatkannya. Kamu berhak mewujudkan mimpi-mimpimu menjadi kenyataan.
4. Hargai diri sendiri bila kamu telah berhasil dalam berbuat sesuatu. Bila tidak, mengapa orang lain mesti menghargai kamu? Bukankah akan lebih mudah apabila kamu membantu dan menghargai diri sendiri?
5. Berbicaralah pada orang lain. Kita sering membuat asumsi tentang situasi atau seseorang yang tidak benar. Sikap dan pola pikir negatif kita dapat berdampak negatif pula pada diri sendiri. Karena itu bila kamu merasa ragu maka bertanyalah dan jangan berasumsi bahwa kamu tahu mengapa dan bagaimananya.
6. Bila kamu gagal maka pola pikir terpenting adalah JANGAN MERASA KALAH. Terimalah kegagalan itu, pelajari, dan cobalah hal dan cara lain. Kamu tidak akan dikalahkan oleh satu kegagalan bukan? Apa yang dibutuhkan adalah pendekatan yang berbeda dalam mencapainya.
Nah... sobat, sekarang bagaimana pribadi kamu ? Kamu masih merasa minder nggak ? Ah, jaim banget sich... Inget ya, minder itu merupakan perilaku yang sangat tidak baik. Bisa-bisa hanya gara-gara perasaan minder kita susah sekali untuk berbaur dengan kelompok sosial lainnya. Dan bukan tidak mungkin bisa memunculkan sikap sombong. Jangan sampai ya... Kita harus saling berbagi dan menerima setiap kondisi. Oke dech, sukses sobat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar